Selasa, 06 November 2007

Semua Berawal Dari Hati

Sabda Rasulullah SAW : "Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada sekarat daging, jika ia baik, baiklah jasad seluruhnya, dan jika ia rusak maka rusaklah jasad seluruhnya. Ingatlah itu adalah hati". (Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim)
Hadist di atas dapat kita amalkan, bahwa setiap kita akan melangkahkan kaki untuk memulai suatu aktivitas setiap harinya, maka yang pertama sekali yang harus kita perhatikan adalah "HATI" kita. Apakah hati kita dalam suasana yang baik atau dalam suasana sebaliknya?
Seperti pengalaman saya hari ini, sebelum melangkah keluar saya mengharapkan bisa mendapatkan suasana yang bisa membuat saya senang, nyaman, dan enjoy. Tapi tak selamanya harapan kita itu akan terwujud, buktinya hari ini tidak semua harapan itu dapat terwujud, dan itu semua ditutut kesabaran dan tingkat kepandaian saya dalam memanajemen emosi ataupun keegoisan saya.
Tapi satu pelajaran yang bisa saya bagi di sini adalah ketika sejak sepertiga malam tadi saya mencoba melakukan aktivitas pembersihan hati kepada Sang Pemilik hati kita semua yaitu Allah SWT, sehingga siang ini pun ketika saya berada di luar rumah saya pun Alhamdulillah dapat mengendalikan semuanya.
Untuk itu teman semua, semua berawal dari hati, jika hati kita baik maka sikap kitapun akan menunjukkan prilaku yang baik pula, oleh sebab itu, jagalah hati jangan dikotori karena hati adalah lentera hidup ini, dan juga hati adalah cahaya Illahi.
Dan juga karena berhubung ini adalah tulisan pertama saya di blog ini maka saya ingin, saya ataupun teman-teman sebagai pembaca juga memulai aktivitasnya dengan kondisi hati yang baik pula. Amin!

Tidak ada komentar: